Paduan Suara Indonesia Raih 8 Medali di Festival Paduan Suara Internasional, Canta Al Mar

Kelompok paduan suara Indonesia berhasil meraih 6 emas dan 2 perak pada festival paduan suara Canta Al Mar Festival Coral Internacional di Calella/Barcelona, Spanyol yang berlangsung pada 17 – 21 Oktober 2012.

Dalam festival yang dikuti oleh 2.500 peserta dari 30 negara ini partisipasi Indonesia tercatat dalam jumlah terbesar (sembilan grup paduan suara) dan berhasil membuktikan prestasinya dengan menjuarai berbagai kategori.

Kelompok paduan suara itu adalah Marsudirini Children’s Choir, Pangudi Luhur Youth Choir, 78 Youth Choir, Nine’s Voice SMAN 9 Binsus Manado, Purna Gita Bahana Nusantara Banjarbaru, The Chorale Singers Jakarta, The Hope Voice Choir Papua, Sola Fide Voice Palangkaraya serta Jakarta Chamber Singers.

Mereka bertanding membawa nama Indonesia melawan 70 kelompok paduan suara lainnya dari 35 negara, mulai 17 hingga 21 Oktober lalu di Kota Calella, Spanyol.

Berikut rincian perolehan medali yang diperoleh:

* The Chorale Singers meraih 2 emas dari kategori Jazz & Popular Choral Music.
* Sola Fide Voice dari Palangkaraya meraih 2 emas dari kategori Folklore & Mixed Choirs.
* 78 Youth Choir (SMAN 78 Jakarta) meraih 1 emas pada kategori Youth Choirs of mixed voices dan 1 perak untuk kategori Folklore.
* Marsudirini Children’s Choirs (Sekolah Marsudirini) meraih 1 emas untuk kategori Folklore.
* Pangudi Luhur Youth Choir meraih 1 perak untuk kategori Children´s Choirs .

Melalui indonesiaproud, Krisnawati Desi Purnawestri dari Pensosbud KBRI Madrid menyebutkan bahwa prestasi ini sungguh membanggakan dan harus diketahui serta didukung bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia. Melalui kompetisi paduan suara, tercipta suatu harmoni, persatuan, persahabatan dan perdamaian.

Pada Bulan Oktober 2013 Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 3rd Asian Chorus Games yang akan dilaksanakan di Sulawesi Utara.

*foto:  interkultur.com

Filed Under: News

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.



  • News In Brief

    Navicula akan konser di Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam sebuah tur bertajuk “NAVICULA CENTRAL JAVA LOVE BOMB TOUR”. Ada 4 kota yg akan disinggahi yakni Solo (3 November 2013 di Lapangan Kota Barat), Salatiga (4 November 2013 di Gedung Korpri), Semarang (5 November 2013 di TBRS Open Theater), dan Yogyakarta (6 November 2013 di Liquid)
    Setelah 8 tahun tidak mengeluarkan album, Stevie Wonder mengonfirmasi akan merilis album terbaru berjudul “When The World Began” pada 2014

    Dengan alasan terkait agama dan kebudayaan, pemerintah Malaysia memboikot konser Kesha yang seharusnya diselenggarakan pada Minggu (26/10)

    Dalam rangka memperingati usia ke-25, Kla Project akan mengelar konser bertajuk “Grand KLAkustik The Celebration of KLa Project’s 25th Anniversary” di JHCC, Jakarta, pada 26 November 2013

    Quincy Jones menggugat pewaris Michael Jackson & Sony Music Entertainment yang menurutnya tak pantas mengedit kembali lagu untuk menghilangkan namanya sebagai penerima royalti dan ongkos produksi

    Ansaphone merilis single terbaru mereka berjudul “Sirenical”. Singel ini akan akan muncul dalam debut album “Dancing In The Colours” yang akan dirilis pada 1 November 2013

    Versi remix Travis Barker untuk nomor “Losing My Religion” milik R.E.M. sudah bisa didengarkan streaming via SoundCloud

    Museum bernama The Music Hall of Fame akan dibuka  London, tahun depan. Museum ini akan menghadirkan musisi legendaris dalam bentuk hologram

    Yovie Widianto baru saja merilis album terbarunya bertajuk, Irreplaceable #Takkan Terganti

    Pemusik kawakan H Tb Sadikin Zuchra meninggal dunia dalam usia 80 tahun, pada Kamis, 17 Oktober 2013, pukul 10.05 WIB, di Depok, Jawa Barat

    Album keempat Miley Cyrus, Bangerz menempati posisi puncak di tangga lagu Billboard 200

    Psy dan Steven Tyler ‘Aerosmith’ akan berkolaborasi dalam lagu baru