C’CORD jadi wakil Indonesia di GBOB Worl Challenge 2008

Minggu (09/11), Backstage Cafe di Kawasan Pantai Ancol, Jakarta dipadati oleh 25 band yang siap menunjukkan kemampuan terbaik mereka di babak Regional Final Global Battle of Band (GBOB) Challenge 2008. Mereka, musisi terpilih dari regional barat dan timur, yang telah melewati seleksi sebelumnya dan menyisihkan puluhan band lainnya, siap bertarung untuk mendapatkan tiket ke babak National Final. Puncaknya, mereka akan memperebutkan satu tiket yang akan membawa mereka ke London pada Desember nanti untuk berlaga dalam ajang internasional, GBOB World Challenge 2008.

Disaksikan oleh ratusan penonton dan tentu saja juri yang terdiri dari Tata Karwata (Founder Uncluster), Wendy (Rolling Stones), dan Anton Wahyudi (Nubuzz), 25 band terpilih yang diantaranya terdiri dari 2 band asal Bali, Gecko dan Scared of Bumps mulai mempertontonkan aksi terbaik mereka tepat pada pukul 13.00 WIB. Berbeda dengan babak Qualifying Heats, dimana voting dari penonton juga ikut menentukan, maka kali ini penilaian murni dari dewan juri.

Setelah menyaksikan penampilan seluruh peserta, pukul 18.30 dewan juri mengumumkan 12 band yang masuk ke babak berikutnya, National Final.

Freshmilk, Rempeyek, Gecko, Happy Day, Rocket Rockers, GSS, Goodboy Badminton, Shenja, C’Cord, Masbuk, Stranger, dan Scared of Bumps dipilih oleh dewan juri untuk berlaga di babak berikutnya.

Tidak jauh berbeda dengan peraturan GBOB pada babak Qualifying Heats sebelumnya, di National Final ini band yang tampil diberi waktu 8 menit untuk menyiapkan segala keperluan teknis yang akan mendukung penampilan mereka, sekaligus membawakan lagu ciptaan mereka. Segala bentuk kreativitas dan penampilan mereka di atas stage, akan menjadi indikator penilaian yang akan menentukan nasib mereka di ajang ini.

“Selain performa dan musik yang dibawakan, yang tidak kalah penting adalah strategi,” ujar Tata Karwata, mewakili dewan juri.

Tak heran, band-band yang berlaga khususnya yang lolos ke 12 besar ini tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengumpulkan poin penuh dari para juri yang kali ini terdiri dari Tata Karwata, Issa Rodriguez (dari GBOB Malaysia), dan pengamat musik, Bens Leo.  Hal ini terlihat dari penampilan atraktif dari band seperti Masbuk dengan musik Blues dan Rock ‘n Roll, serta penampilan Freshmilk yang menyuguhkan musik alternative pop dengan sentuhan jazzy. Bahkan Citra, vokalis Freshmilk, turun dari stage untuk mengajak penonton berinteraksi dengannya. Sementara itu, atmosfer rock benar-benar terasa saat band asal Bali yang juga jebolan LA Indiefest, Scared of Bumps, menggoyang stage dengan penampilan powerfull dari mereka.

Pukul 21.30, keduabelas band telah turun panggung. Tentu saja setelah mereka menyuguhkan penampilan terbaik mereka. Dan menjelang pukul 22.00, saat yang ditunggu pun tiba. Dewan juri mengumumkan hasil akhir National Final ini.

Masbuk dan Stranger dari Bandung keluar sebagai dua di antara tiga pemenang. Sementara, dewan juri memutuskan pemenang pertama yang akan terbang ke London untuk mengikuti GBOB World Challenge 2008 adalah band asal Bandung yang tampil dengan perpaduan musik alternative, postrock, dan britpop, C’Cord.

Akhirnya, sekali lagi C’Cord yang terdiri dari Ari (vocal & guitar), Sefty (piano), Bengbeng (bass), Unka (guitar), Isan (drum), Yusuf-Mumu-Ayi (additional flute/karinding), Bedjo (additional trumpet), tampil menghibur penonton sebagai penutup acara malam itu, sekaligus sebagai penutup rangkaian GBOB Indonesia yang mulai diadakan sejak Agustus lalu, oleh Heaven Records sebagai pemegang license GBOB Indonesia. Desember ini, Heaven Records akan memberangkatkan C’Cord ke London. Heaven Records sendiri sangat optimis Indonesia akan masuk 5 besar dalam ajang GBOB World Final 2008 nanti.

Filed Under: News

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.

  • News In Brief